Inilah Beberapa Makanan dan Buah Tangan Khas Balikpapan - INFO BERITA TERBARU

Breaking

Wednesday, April 18, 2018

Inilah Beberapa Makanan dan Buah Tangan Khas Balikpapan


Balikpapan termasuk salah satu daerah yang banyak dikunjungi orang-orang untuk berlibur. Di Balikpapan terdapat cukup banyak lokasi wisata dan situs sejarah, di antara nya ada Pantai Lamaru, Kebun Raya Balikpapan, Hutan Lindung, Monumen Jepang, Monumen Perjuangan Rakyat dan masih banyak yang lain nya.

Selain potensi wisata yang beragam, Balikpapan juga mempunyai sajian kuliner yang mampu menggoda para pecinta kuliner. Para wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan harus mencoba makanan khas Balikpapan yang terkenal enak.

Selain itu, jangan lupa untuk membeli buah tangan untuk keluarga dan sahabat yang dirumah. Buah tangan merupakan bentuk perhatian Anda kepada orang terdekat.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa referensi buah tangan khas Balikpapan yang sangat disayangkan jika tidak membeli nya. Mulai dari makanan khas Balikpapan, kue khas Balikpapan, souvenir khas Balikpapan, aksesoris khas Balikpapan, Batik khas Balikpapan dan masih banyak yang lain nya.

Berikut ini adalah beberapa makanan dan oleh-oleh khas dari Balikpapan :

1. Aksesoris Etnik Khas Dayak

Suku Dayak merupakan salah satu suku yang mendiami Pulau Kalimantan. Oleh karena itu, bila sedang berlibur ke Balikpapan atau mencari oleh-oleh khas Balikpapan yang unik, Anda bisa membeli beragam aksesoris etnis khas Dayak. Aksesoris ini bisa berupa anting, kalung, gelang, sampai dengan tas yang terbuat dari manik-manik dan dibentuk sesuai dengan ciri khas suku Dayak.

Selain aksesoris, Anda juga bisa membeli pakaian khas Dayak untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk membeli oleh-oleh berupa aksesoris etnis khas Dayak, Anda bisa menuju ke Pasar Inpres Kebun Sayur.

2. Amplang

Amplang merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar ikan pipih. Jajanan ini bisa di temukan dengan mudah saat Anda berada di Kota Balikpapan. Meskipun saat ini sudah banyak amplang yang menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasar nya. Namun, rasa nya tak kalah enak dengan menggunakan ikan pipih. Rasa dari amplang ikan pipih ini memang lebih lezat dan lebih gurih.

Makanan ringan ini juga dikenal dengan nama kuku macan. Makanan ini bisa dijadikan sebagai cemilan yang sangat cocok saat bersantai sambil bermain game BandarQ Online dan bisa juga sebagai cemilan ketika dalam perjalanan.

3. Makanan Olahan Kepiting

Balikpapan merupakan kota yang kaya akan hasil lautnya, salah satu nya adalah kepiting. Anda bisa membawa aneka masakan kepiting seperti kepiting tauco, kepiting asam manis atau kepiting saus tiram. Jika ingin masakan kepiting yang lebih praktis lagi ada abon kepiting dan keripik kepiting khas Balikpapan.

Ada banyak pilihan makanan ringan yang menggunakan bahan dasar kepiting di kota Balikpapan. Anda bisa membeli nya sebagai oleh-oleh yang lebih mudah dan juga lebih praktis.

4. Mantau

Mantau merupakan makanan tradisional khas Balikpapan berbentuk roti lembut. Mantau biasanya di beli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain terkenal dengan sebutan mantau, roti ini juga bisa disebut sebagai roti sepan.

Roti mantau sebenarnya merupakan makanan yang berasal dari Tionghoa, kemudian mengalami proses akulturasi sehingga menjadi kuliner khas Balikpapan. Roti mantau ini mempunyai bentuk yang menyerupai bakpao. Beda nya, jika bakpao berisikan daging, coklat, kacang atau isian lain nya namun roti mantau tidak berisi apa-apa, melainkan hanya roti biasa yang terbuat dari olahan tepung terigu dengan tekstur dan rasa yang lembut.

5. Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-Onde adalah salah satu jenis jajanan tradisional yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan dasar nya. Balikpapan juga mempunyai oleh-oleh yang tak kalah enak, yaitu onde-onde ubi ungu khas Balikpapan.

Jika di antara kalian tidak menyukai onde-onde ubi ungu ini, kamu juga bisa membeli onde-onde kacang hijau, keju dan juga coklat. Tempat yang menjual onde-onde khas Balikpapan adalah rumah kue bownies.

Sangat disayangkan jika kalian ke Balikpapan tidak membeli onde-onde ubi ungu ini. Karena rasanya yang sangat lezat dan dijamin ketagihan.

6. Bingka

Bingka merupakan kue tradisional yang juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Balikpapan. Bingka dibuat dari kentang, telur, mentega, susu, santan dan gula.

Rasa dari kue ini manis dan lembut. Kue Bingka dikenal dengan kue basah, maka kue bingka tidak bisa tahan lama. Sebaiknya langsung dimakan jika sudah di hidangkan. Ada begitu banyak varian rasa dari kue bingka ini seperti coklat, keju, pisang, pandan, vanila dan gula merah.

7. Bakpia

Di kota Yogyakarta terkenal dengan ada nya Bakpia. Namun rasa nya tak kalah lezat dengan Bakpia khas Balikpapan ini. Bakpia khas Balikpapan mempunyai ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bakpia khas Yogyakarta. 

Selain itu, kulit bakpia khas Balikpapan tidak terlalu manis tapi di dominasi dengan rasa yang sedikit asin dan juga gurih. Rasa manis dalam Bakpia ini adalah saat kamu menggigit bagian dalam bakpia nya. Bakpia khas Balikpapan ini ada beragam rasa didalam nya, ada rasa coklat, keju, dan kacang hijau.

8. Batu Mulia

Bagi kalian yang pecinta batu mulia, maka wajib pergi ke Balikpapan. Karena dikota Balikpapan ini banyak sekali pengrajin batu mulia. Hal ini dikarenakan Pulau Kalimantan yang sangat kaya akan batu mulia nya.

Jika kalian tertarik akan Batu Mulia ini, kalian bisa membeli nya di pasar impres kebun sayur. Karena pasar ini merupakan pusat penjualan Batu Mulia dengan kualitas yang sangat baik dan yang pasti harga nya yang ekonomis.

Ditempat ini, ada dua jenis batu yang ditawarkan. Ada Batu Amsak atau yang di sebut Batu Alami. Batu Amsak dibuat dengan beberapa campuran bahan, agar tampilan nya terlihat indah dan lebih elegan.

9. Kain Songket khas Balikpapan

Kain Songket khas Balikpapan adalah salah satu kain yang sangat populer di kalangan wisatawan. Kain Songket ini dijual dalam bentuk kain meteran sampai dengan penutup kepala ataupun sarung.

Warna dari kain songket khas Balikpapan ini sangat elegan dan juga mempesona. Jadi, jika kalian ingin ke Balikpapan, kalian wajib untuk membeli kain ini sebagai oleh-oleh atau bisa juga sebagai koleksi untuk diri sendiri.

10. Batik Khas Balikpapan

Kain batik tentu saja merupakan kain yang wajib untuk dimiliki oleh orang Indonesia. Sebagai bagian dari warisan budaya, kain batik memang memiliki banyak penggemar yang cukup banyak. Kota Balikpapan ini juga memiliki kain batik yang bisa di beli untuk dijadikan oleh-oleh khas Balikpapan yang cukup unik.

ARTIKEL TERKAIT :
Masakan Padang ini Di Nobatkan Sebagai Makanan Paling Enak Di Dunia
6 Tips Penggunaan Kondom
Deretan Artis Yang Mengasuransikan Payudara Nya Sendiri

Batik khas Balikpapan mempunyai motif yang simple dan juga bisa dipadukan dengan motif khas suku dayak Kalimantan. Motif kain batik khas Balikpapan ini antara lain motif pohon mangrove, motif jahe dan juga motif beruang madu.

Motif kain batik ini mewakili ikon kota Balikpapan yaitu pohon mangrove dan beruang madu. Kedua nya merupakan ikon unik Balikpapan yang tentu saja sangat melegenda. Hal inilah mengapa kain batik ini menjadi ikon khusus kota Balikpapan yang di abadikan menjadi kain batik khusus.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Situs Poker Online dan Situs BandarQ Online Indonesia

Pages