10 Makanan Khas Jambi Yang Membuat Lidah Bergoyang - INFO BERITA TERBARU

Breaking

Sunday, March 4, 2018

10 Makanan Khas Jambi Yang Membuat Lidah Bergoyang


Jambi ialah Propinsi yang terletak di sisi timur pulau Sumatera dan menjadi salah satu Propinsi di Indonesia yang memiliki nama yang sama dengan Ibukota nya. Ibukota jambi dikenal dengan budaya melayu nya yang sangat kental.

Selain itu, Jambi memiliki berbagai makanan khas yang beranekaragam. Dari segi popularitas, Jambi memang tidak disebut sebagai kota tujuan wisata. Namun, Jambi tetap menyimpan berbagai kekayaan wisata khususnya dalam hal wisata kuliner.

Berwisata kuliner di kota Jambi bisa membuat perut kenyang dan menambah pengalaman baru untuk mereka yang baru pertama kali mengunjungi Jambi. Jika kalian berniat untuk mengunjungi kota Jambi, jangan sampai melewatkan kekayaan kuliner khas Jambi yang terkenal enak.

Berikut ini akan saya tampilkan daftar makanan khas Jambi yang bisa dinikmati saat berada di kota Jambi.

1. Tempoyak


Tempoyak merupakan makanan hidangan khas Jambi yang terbuat dari durian yang sudah difermentasi. Tempoyak biasanya juga dibuat dari durian dengan campuran ikan segar. Akan tetapi, tempoyak bisa dihidangkan tanpa ikan. Rasa tempoyak sedikit asam dan aroma duriannya sangat terasa.

2. Dodol Nanas


Karena nanas merupakan buah yang mudah diperoleh saat berada di Jambi, masyarakat Jambi berinisiatif untuk membuat makanan khas yang terbuat dari nanas.

Dodol nanas merupakan salah satu cemilan manis yang berasal dari Jambi. Kalian bisa berkunjung ke sentra perkebunan nanas yang berada di Tangkit, Kambupaten Mauarojambi. Disana tidak hanya dapat menemukan dodol, tetapi ada makanan lain yang diolah dari nanas.

3. Kue Srikaya


Kue Srikaya ini terbuat dari tape yang diolah dengan santan. Kue ini diberi pewarna makanan alami dari daun pandan. Karena menggunakan daun pandan sebagai pewarna nya, Kue Srikaya ini memiliki aroma pandan yang sangat harum dan mengunggah selera.

4. Gulai Tepek Ikan


Makanan ini dianggap bersejarah bagi sebagian besar masyarakat Jambi dan bahan utama hidangan ini adalah ikan gabus.

Sekilas tampilandari Gulai Tepek Ikan ini hampir sama dengan gulai ikan lain nya. Namun, tetap saja setiap hidangan memiliki rasa yang khas dan berbeda. Pada umumnya, masyarakat Jambi hanya menyajikan Gulai Tepek Ikan pada saat tertentu contoh nya pada saat Pernikahan, Kenduri, dan acara adat lain nya.

5.Gandus


Kue Gandus bisa di temui didaerah Jambi maupun di daerah Palembang. Namun, kue tradisional ini juga termasuk salah satu makanan khas Jambi. Gandus terbuat dari sagu, tepung beras, santan, bawang putih dan garam.

Kue ini berbentuk persegi kecil, ada juga yang bentuknya bulat. Dibagian atas kue ini akan diberi taburan udang, ayam atau abon ikan. Gandus memiliki rasa legit dan gurih yang membuat siapa saja ketagihan.

6. Nasi Gemuk


Tampilan dan rasa dari Nasi Gemuk ini sekilas sedikit mirip dengan nasi uduk khas Betawi. Bahan dasar pembuatan nasi gemuk ini juga dari beras, daun pandan, santan, daun jeruk, dan daun salam. Makanan ini umumnya disajikan dengan lauk, seperti ayam goreng atau telur. Jika sedang berada di Jambi, cobalah untuk mencicipi Nasi Gemuk ini untuk sarapan.

7. Daging Masak Hitam


Tampilan dari Daging Masak Hitam ini sekilas memang mirip dengan Semur Betawi. Soal rasa nya tentu saja berbeda, karena setiap hidangan memiliki cita rasa nya masing-masing.

Daging Masak Hitam ini terbuat dari daging sapi yang diolah dengan kelapa, kecap, kayu manis, jintan, dan pala bubuk. Rasa dari Daging Masak Hitam ini sangat khas dan lezat. Makanan ini memang sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

8. Sup Tulang


Sup Tulang memang memiliki rasa yang hampir sama dengan sup iga. Tetapi, sup tulang khas Jambi ini memiliki rasa yang gurih dan unik tersendiri.

Aroma kaldu yang menggoda akan langsung tercium ketika sup tulang disajikan. Walaupun namanya sup tulang, tetap saja kalian dapat menyantap daging yang masih melekat pada tulang yang disajikan. Di musim hujan, sup tulang menjadi menu makanan favorit yang banyak diburu oleh orang.

9. Dodol Kentang Kerinci


Warga Jambi memanfaatkan kentang dari Gunung Kerinci untuk diolah menjadi Dodol Kentang.

Selain dodol nanas, Jambi juga memiliki makanan kuliner yang khas, yakni dodol kentang. Bedanya, jika dodol nanas hanya tersedia dalam satu rasa saja, dodol kentang ini memiliki rasa yang bervariasi, mulai dari pandan, gula merah, durian, strowberry, dan juga nanas. Dodol Kentang Kerinci ini sangat cocok untuk disajikan sebagai buah tangan untuk kerabat maupun relasi.

10. Jus Pinang


Setelah berjam-jam mencicipi makanan khas Jambi, rasanya kurang pas jika kita tidak mencoba minuman khas Jambi ini. Jus Pinang ini adalah salah satu menu minuman andalan dari masyarakat Jambi. Masyarakat Jambi percaya bahwa minuman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah dan mengatasi masuk angin.

Bahan dasar dari Jus Pinang ini adalah buah pinang, jahe merah, gula merah, cengkeh, pandan, serai dan madu. Jus Pinang ini memang sangat nikmat jika diminum dalam keadaan hangat dan santai sambil bermain poker online di Situs BandarQ Online Terbaik.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Situs Poker Online dan Situs BandarQ Online Indonesia

Pages